Pages

Minggu, 08 April 2012

Snack Time (Waktu Makan) untuk anak usia dini dan anak berkebutuhan khusus


Bagi beberapa anak, waktu makan adalah bagian favorit mereka setiap hari; sedangkan yang lainnya adalah selingan singkat dari bermain. Waktu makan memberikan kesempatan yang sangat besar untuk guru membantu anak belajar keterampilan sosial, keterampilan organisasi, pengendalian diri, keterampilan motorik kasar dna motorik halus. Banyak anak dengan kebutuhan khusus mempunyai masalah motorik kasar. Mereka mungkin sangat sensitif pada tekstur dan rasa makanan. Beberapa anak mungkin memiliki otot rendah di daerah wajah yang mengakibatkan postur mulut terbuka dengan mengeluarkan air liur. Dengan frekuensi yang meningkat, kita melihat anak-anak dengan masalah medis yang kompleks, seperti sakit pada lambung saat berada di lingkungan sekolah. Kegiatan makan dapat menjadi waktu penting untuk memperkenalkan berbagai macam makanan baru dan bekerja pada peningkatan keterampilan kotorik kasar.
Interaksi sosial merupakan aspek yang penting pada waktu makan. Anak dapat berinteraksi dengan orang lain seperti meminta bantuan dari orang dewasa, berbagi dengan anak lain. Selain itu anak juga dapat melakukan etiket di meja makan seperti pada saat bersiap-siap untuk makan, membuka makann, dan membersihkan sisa makan setelah kegiatan makan selesai. Untuk melatih perkembangan bahasa anak, perlu juga untuk menggunakan bahasa yang sama setiap kali melakukan kegiatan ini. Gambar dengan lambang-lambang tentang berbagai gambar tentang tahapan dari kebiasaan makan dapat berguna sebagai petunjuk untuk anak. Kegiatan makan yang dilakukan rasanya kurang sempurna jika anak sampai pada membersihkan makanan dan tempat makan mereka sendiri, jadi memasukkan kegiatan menyikat gigi pada waktu makan juga sangat penting untuk anak. kegiatan menyikat gigi ini masuk ke dalam kegiatan pembersihan diri sendiri oleh anak yang sehubungan dengan kesehatan gigi anak.
Pada saat anak menginjak usia dua tahun, anak dapat melakukan makan sendiri dengan memiliki kontrol yang baik dalam memegang sendok, memegang cangkir dan meletakkan kembali tanpa menumpahkan isinya, anak dapat mengunyah makan sendiri dengan gerakan memutar dan menggunakan gerakan bibir atas dan bibir bawah. Saat berusia tiga tahun anak dapat makan sendiri dengan memegang sendok dengan benar dan emngunyah dnegan menutup bibir, dapat menggunakan garpu dan pisau makan, menuangkan cairan kedalam gelas. Pada usia empat hingga lima tahun anak mampu menggunakan, garpu, pisau, walaupun memerlukan sedikit bantuan seperti mengoleskan selai pada krekers dengan menggunakan pisau.
Anak-anak berkembang dengan kemampuannya sendiri untuk makan. Memberikan klesempatan bagi anak untuk mempunyai banyak pengalaman tentang makanan. Perlu juga untuk membicarakan dan bekerja sama dengan orang tua tentang pembiasaan makan di sekolah maupun di rumah.

Kegiatan makan juga berhubungan dengan kegiatan memasak karena dengan memasak dapat menghasilkan makanan. Melakukan kegiatan memasak sederhana bersama anak dapat melatih kemampuan motorik halus anak. Saat memasak anak belajar menggunakan pisau untuk mengiris atau sendok untuk mengaduk. Anak-anak juga dapat belajar mengikuti petunjuk ketika membuatn makanannya sendiri, guru yang mencontohkan.
Saran umun
·         Memberikan harapkan dan kekacauan ketika anak-anak belajar makan secara mandiri
·         Ketika mengajarkan keterampilan makan sendiri, memecahkan keterampilan menjadi langkah-langkah kecil berurutan
·         Anda mungkin perlu bekerja sama dengan dokter anak atau ahli gizi untuk memastikan bahwa anak menerima nutrisi yang cukup di sekolah dan di rumah. Efek samping dari beberapa obat dapat menghilangkan nafsu makan.
·         Semua anak harus diposisikan dengan penyangga kaki dan pinggul tertekuk ketika makan.
·         Kegiatan makan adalah suatu kesempatan besar untuk berkomunikasi; mencoba memberikan anak dengan sistem komunikasi alternatif jika ia tidak memiliki bahasa verbal.
·         Praktek keterampilan adaptif lain seperti mencuci tangan, menyikat gigi, memasak, dan bersih-bersih selama waktu makan. 
·         Berbagai piring adaptif, gelas, dan peralatan dapat memudahkan anak untuk mandiri dalam makan.
·         Setelah si anak makan makanan yang disaring, ia dapat berkembang menjadi makanan tumbuk atau cincang. Pisang adalah makanan tumbuk yang baik. Langkah berikutnya adalah makanan semipadat seperti cookies hancur yang dijadikan puding, diikuti dengan makanan kenyal padat. Keju atau kismis adalah contoh dari makanan kenyal padat. Setelah anak mampu untuk makan makanan ini dengan nyaman, dia bisa mencoba kombinasi makanan seperti sup atau makana padatan kenyal yang agak sulit seperti ayam atau wortel mentah. Pastikan untuk mengembangkan dengan kemampuan anak ketika memperkenalkan makanan padat.
·         Anda mungkin ingin makan menjadi pusat bukan aktivitas kelompok. Jika beberapa anak makan pada satu waktu, Anda mungkin menemukan lebih mudah untuk mendorong komunikasi verbal.
·         Anak-anak dengan kebutuhan khusus mengalami kesulitan umum pada keterampilan dan perlu untuk melatih kemampuan makan baru di sekolah dan di rumah. Orang tua perlu diberitahu bahwa staf sekolah tidak dapat membuat makan baru jika pola-pola ini tidak dilakukan mulai di rumah.

Keterlambatan Perkembangan
Difokuskan pada makanan ringan untuk anak dengan keterlambatan perkembangan harus meningkatkan kemandiriannya. Anak harus dibimbing terhadap kebiasaan di mana ia mendapat makanan ringan sendiri, membuka wadah bila memungkinkan, dan menggunakan peralatan secara efektif.
·         Membuat sebuah rutinitas yang konsisten dengan bahasa yang jelas. Untuk membantu anak dengan masalah pemahaman, menggunakan petunjuk verbal yang sama setiap hari. Memvariasikan syarat dan arah dapat membingungkan anak pada kata-kata yang akrab.
·         Memanfaatkan "mengikat mundur" ketika mengajar anak keterampilan baru seperti membuka sebuah karton susu, makan dengan sendok, atau menyikat gigi. Pindahkan anak melalui langkah-langkah pertama dari tugas, tangan diatas tangan, membiarkan anak melakukan langkah terakhir secara bebas. Secara bertahap fase fisik akan ditunjukkan langkah demi langkah.
·         Anak mungkin tidak mempunyai perkembangan kemandirian kemampuan makan sebelum masuk sekolah. Langkah pertama terhadap kemandirian akan menguasai makan makananan jari. Kemudian anak akan bergerak untuk menggunakan perabot dan cangkir (Odom dan McLean 1996).
·         Memudahkan rutinitas belajar, mengenali tempat dan kursi anak dengan nama dan gambar mereka. Menggunakan alas piring stensil dengan tempat untuk cangkir, sendok dan piring.
·         Menggunakan simbol gambar untuk menggambarkan langkah dari aktivitas dan untuk membantu anak menunjuk makanan pilihannya.
·         Pastikan anak diposisikan dengan baik dengan kaki di lantai, duduk tegak, bukan dalam posisi terpuruk. Putar kursi anak itu sekitar sehingga perutnya adalah versus punggung kursi menghadap meja. Ini dukungan ekstra yang sangat membantu dalam menjaga anak tegak.
·         Mengawasi anak saat ia makan. Seorang anak yang cepat memasukkan makanan ke dalam mulutnya, dapat menyebabkan tersedak.
·         Beberapa anak perlu "bangun" otot-otot wajah. Menekan lembut, mengusap, atau bermain ciluk ba dapat membantu anak untuk meningkatkan otot wajah anak. Permainan ini bisa dipasangkan dengan lagu seperti “ini adalah cara kita bangun wajah kita, jadi lebih awal di pagi hari”. Makanan pedas, asam atau dingin seperti es loli juga akan memudahkan otot.
·         Memberikan isyarat pada anak untuk menjaga bibir tertutup dan menutup dagu dengan serbet jika anak mengalami kesulitan dengan penutupan bibir saat makan.
·         Belajar menggunakan peralatan membantu untuk mengembangkan keterampilan tangan serta kebebasan saat makan. Berbagai peralatan yang tersedia disesuaikan untuk berbagai masalah. Untuk anak-anak dengan kekuatan tangan yang lemah, peralatan dengan built-up efektif untuk menangani itu. Jika anak mengalami kesulitan dengan rotasi lengan bawah, sendok, dan garpu yang putar dapat membantu mengkompensasi kurangnya mobilitas. Peralatan tertimbang membantu anak dengan getaran. Sendok bengkok membantu gerakan pergelangan tangan untuk anak yang tidak bisa memiringkan sendok ke mulutnya. Anak-ukuran peralatan dapat membuat perbedaan besar bagi anak dengan masalah koordinasi. Jika anak cenderung menggigit sendok, Anda dapat membeli satu dengan lapisan Teflon pelindung.
·         Anak mungkin memegang sendok di pegangan mengepalkan sendok pada awalnya. Dengan menggunakan isyarat lembut, pertama anak memegang sendok dengan ibu jari dan dua jari. Ini "tripod" pegang tangan membantu untuk mempersiapkan anak untuk pegangan pensil efisien ketika dia tua. Jika tangan anak untuk memegang sendok di tangannya, menunda usaha itu sampai ia tua. Sebuah pegangan yang lebih dewasa mungkin muncul secara alami sebagai keterampilan tangan anak berkembang.
·         Bermain dengan pasak kecil dan manik-manik akan mendorong pengembangan ketangkasan jari.
·         Bila anak memiliki otot yang rendah di daerah motorik kasar dengan postur mulut terbuka atau air liur, otot nya dapat ditingkatkan dengan memberinya cairan tebal untuk minum dengan sedotan atau meniup peluit.
·         Di beberapa ruang kelas, anak-anak makan makanan ringan ketika mereka lapar, yang dapat mengakibatkan kelompok-kelompok kecil anak-anak makan pada satu waktu. Hal ini harus meningkatkan penggunaan bahasa oleh anak-anak, jika orang dewasa diposisikan di meja untuk memfasilitasi percakapan.
·         Jika anak belajar minum dari cangkir, memilih cangkir yang mudah bagi anak untuk memanipulasi. untuk beberapa anak, pilihan ini akan bekerja terbaik. Cangkir sippy dengan atas dan minum cerat kadang-kadang membantu sebagai transisi anak dari mengisap untuk minum dari cangkir. Pada awalnya, menempatkan sejumlah kecil cairan dalam cangkir.
·         Jus kemasan dapat digunakan untuk membantu anak belajar untuk minum dari sedotan. Ketika jus kemasan diperas, jus adalah mendorong ke dalam sedotan di mana anak dapat dengan mudah menyedot. Menghisap dari sedotan dapat membantu anak dengan penutupan bibir dan otot di wajah.
·         Anak-anak harus berlatih menuangkan minum dari teko ke dalam cangkir. Pastikan cangkir memiliki dasar yang stabil lebar.
·         Orang tua cenderung untuk makanan kemasan jari untuk camilan, sehingga Anda harus menggabungkan beberapa kegiatan memasak di waktu makan. Ini akan memberikan anak dengan berbagai makanan untuk melatih kemampuan makan dan penggunaan peralatan.
·         Jika anak belum bisa berkomunikasi dengan bahasa verbal, ia harus disediakan dengan ikon gambar atau mengajarkan bahasa isyarat untuk berkomunikasi dengan orang lain



Perusakan tulang
Guru, terapis, dan guru kelas akan bekerja sama sebagai tim untuk menentukan  jenis-jenis posisi dan peralatan anak yang akan dibutuhkan untuk waktu makan. Rasa bebas untuk bertanya dapat membantu sikap dalam bertanya karena mereka sulit untuk mengetahui dan sering bisa diselesaikan dengan ahli terapi fisik, pekerjaan, atau terapis bicara  yang telah bekerja dengan permasalahan anak yang sama.
Ketika anak-anak memakan makanan yang alami, tim pendidik seharusnya sedikit lebih menambahkan makanan padat untuk diet anak. Perkembangan pergerakan mulut ditingkatkan dengan mengunyah makanan. Kadang-kadang, minuman tambahan seperti pediasure dapat digunakan untuk memberi tambahan kalori bagi anak. Konsultasi dengan dokter anak atau ahli nutrisi sebelum periode percobaan. Anak-anak seharusnya mendapatkan kalori dari makanan, susu, dan jus yang lebih baik dari minuman seperti pediasure.
·         Posisi anak ketika sedang makan untuk keberhasilan waktu makan. guru harus memperhatikan tubuh anak seperti panggul, kepala, perut, lengan dan kaki untuk menentukan jika posisi anak patut dijajarkan untuk mengikuti fungsi pergerakan. Kepala anak harus tidak melebihi garis bahu dan lipatan dagunya agar mampu untuk menelan.
·         Penyesuain gelas, hidangan dan perabotan dapat meningkatkan kemampuan untuk makan sendiri pada anak dengan kemampuan fisiknya, ketika posisi anak sudah tepat untuk makan salah satu dari sekian anak dengan otak yang lumpuh mengatakan “ini bukan sendok, ini kepalaku” dia benar. Bahunya berubah membuat itu sulit untuk tetap menambah posisi kepala dan membawa sendok kedalam mulutnya, terdapat piring dan mangkok dengan cangkir  penyedot pada bagian bawah yang menyediakan dasar yang stabil. Dua pegangan gelas atau gelas tanpa pegangan menjadikan minum menjadi lebih mudah. Dycem, bahan yang berlapis karet yang ditempatkan dibawah mangkuk dan gelas  agar tidak licin sehingga mengurangi tumpahan. Anak dengan pemahaman yang lemah menggunakan manset universal yang memiliki saku kecil untuk menahan sendok atau garpu agar tidak jatuh. Ada mangkuk dan piring dalam satu sisi agar mudah dalam menyendok.
·         Gelas tanpa penutup membantu anak lebih mudah untuk meminum karena anak dapat meminum tanpa menjulurkan kepalanya.
·         Sebuah sendok spatula yang datar atau mangkok yang dangkal mungkin lebih dapat diterima untuk anak  yang mempunyai mulut lebih sensitif.
·         Alat yang mempunyai sebuah lapisan perlindungan membantu anak dengan reflek gigitan.
·         Jika anak mengalami tremor atau koordinasi yang buruk, peralatan bantuan dapat dipertimbangkan.
·         Makanan yang ditempatkan antara gigi belakang atas dan bawah merangsang mengunyah.
·         Mengeksplorasi bagaimana anak siap untuk berpindah dari peralatan  adaptif untuk gelas, sendok, dan perabotan. Dia akan menjadi bingung ketika ia dapat menggunakan perabotan yang umum.
·         Beberapa anak dengan ketidakmampuan fisik membutuhkan dukungan seperti rahangnya ketika sedang makan atau sedang minum dalam perintah untuk pengalaman mereka menutup posisi mulut jika kamu sedang makan dengan anak didepanmu, kamu sebaiknya meletakan ibu jari dibawah dagunya. Jari tengah mu dibawah rahangnya dari jari telunjuk dipipinya. Jika posisimu disamping anak jari telunjukmu sebaiknya dibawah bibir anak. Jari keduamu dibawah kerongkongan dan dagu. Kemudian pada pipi anak.
·          Melihat anak tidak mempunyai kesamaan makanan atau konsisten makanan setiap hari. Pergerakan mulut anak tidak akan maju jika dia hanya makan yogurt, pudding atau saus apel setiap hari untuk makan dan tekstur lembut. Setelah berkonsultasi dengan orang tua dan dokter anak kenalkan jenis makanan dari yang tebal, padat lembut seperti pudding untuk makanan kental seperti makanan yang dicampur dengan tepung. Akhirnya kamu dapat mencoba menumbuk benda padat seperti menumbuk pisang, dan kemudian bentuk lebih padat. Bekerja dengan berbicara dan pekerja terapis untuk merubah dari yang tidak halus menjadi kenyal. Hal-hal yang perlu orang tua lakukan untuk mencoba beberapa jenis makanan dirumah. Jika orang tua tidak siap untuk mencoba jenis makanan dirumah guru seharusnya mepertimbangkan menunggu makan hingga orang tua telah siap.
·         Anak-anak seharusnya mempunyai kesempatan untuk praktek menggunakan sendok dan garpu pada saat makan dengan menggunakan jari.
·         Buah dan sayuran dan ekstra protein dapat dibutuhkan dalam mempersiapkan makanan. Buah murni dapat dicampur dengan susu atau yogurt itu membuat lebih lembut dan dapat dibawa kesekolah dengan termos. Jika ruang kelas mempunyai mikriwave sayuran murni dapat ditambahkan pada saus spaggeti dirumah dan anak-anak dapat membuat pasta untuk snack. Makroni dan keju dapat diperkaya dengan keju extra.
·         Membuat sebuah gambar  untuk anak dapat mengindikasi pilihan makanan ketika dia tidak mempunyai bahasa fungsional.
·         Jika anak susah diobati, kamu mungkin membutuhkan bantuan dokter anak untuk saran makanan. Kadang-kadang anak mengalami kesulitan menelan cairan dengan memberikan yang lebih kental untuk pengganti agar menghindari aspirasi ke paru-paru.
·         Bubuk pengental yang dapat ditambahkan ke setiap cairan dalam jumlah yang bervariasi untuk membuat konsistensi setebal yang diperlukan bagi anak untuk  menelan. Beberapa anak perlu cairan mengental untuk konsistensi puding dan diambil dengan sendok.
·         Melibatkan anak dalam kegiatan memasak yang sederhana selama mereka tidak meningkatkan gerakan abnormal atau kesehatan otot. Sebagai contoh , anak dengan kekejangan tidak boleh mengaduk adonan resistif seperti adonan kue yang akan meningkatkan kekejangan otot.
Pervasive Developmental Disorder (PDD) dan Autisme
Tantangan untuk anak PDD, orang tua dan guru mereka untuk menaikan jenis makanan yang akan dimakan anak. Anak-anak tersebut sering bertindak melampaui batas sensori inputnya, termasuk untuk menanggapi makanan. Bentuk makanan sering mendatangkan masalah. Anak akan lebih suka makanan yang sering dijumpai. Mungkin makanan hanya 4 sampai 5 makanan dalam setiap hari. Tipe anak yang sedang berkembang mungkin dalam tahap terakhir dimana mereka makan dalam jumlah yang sedikit  tetapi akhir matang dan akan menjadi lebih rela untuk makanan yang jarang dijumpai. Anak dengan PDD mungkin tidak akan mengalami kemajuan untuk memakan makanan berbagai jenis tanpa bantuan.
·         Untuk membantu anak dapat melakukan memperlambat gerakan atau berayun sebelum makan dan musik tenang selama makanan ringan dapat membantu anak untuk sesantai mungkin. Menyiapkan makanan untuk anak dengan porsi yang lebih sedikit dengan berbagai komponen dari yang besar ke kecil dan menggunakan sendok anak dapat mengambilnya. Salah satu anak yang telah berhasil melengkapi urutan untuk mengambil makanan dengan sendok untuk 3 sesi yang berurutan bergerak untuk tahap selanjutnya. Jika tugas telah selesai sampai tahap terkecil, itu lebih nyaman untuk anak belajar sebuah kemampuan baru. Berikan kesempatan pada anak untuk menyebutkan makanan kesukanannya dan memberikannya makanan tersebut pada suatu waktu. Jika anak- anak lebih suka mengunyah dan dapat mengunyah makanan seperti kue- kue kecil atau keripik, dapat diberikan potongan- potongan apel atau pisang. Tapi pemberian kue dan keripik juga harus berbeda. Untuk anak-anak PDD, pemberian makanan kecil dengan menu yang berbeda sangat penting, khususnya kepada mereka dengan kecenderungan tidak suka mencoba makanan yang baru sebelum berangkat sekolah, dan mempunyai beberapa phobia/respon yang aneh ketika menjumpai makanan yang asing baginya dan dibutuhkan beberapa bulan untuk dapat mengendalikan anak- anak dengan menu yang baru.
·         Kenalilan lebih dini anak-anak yang mengidap alergi pada makanan tertentu dan seminimal mungkin mengenalkan makanan yang baru pada anak. Dapat dimungkinkan mencampur bentuk/rasa yang baru dengan makanan-makanan baik. Contohnya, campuran biskuit kedalam yogurt. Tapi jangan mencampurkan terlalu banyak variasi dalam 1 makanan baru. Perubahan rasa seperti yoghurt rasa baru, ukuran dan bentuk.
·         Beberapa anak-anak dengan PDD atau autis bisa menjadi phobia menjadi makanan “khusus”. Contohnya, anak dapat diberikan makanan dalam jumlah kecil yang kelompoknya akan makan untuk camilan di atas piring. Jika anak hanya menyentuh makanan tetapi tidak memakannya, ia memiliki setidaknya, berinteraksi dengan makanan. Persiapan makanan dan membersihkan akan kesempatan lain bagi anak untuk memiliki kontak dengan makanan. Ada anak yang begitu cemas dengan makanan dia bahkan tidak akan mengambilnya tetapi membuangnya. Ini adalah masalah yang luar biasa untuk diatasi, dan jika tidak ditangani selama masa kanak-kanak, secara serius dapat mempengaruhi kemampuan anak untuk hidup mandiri.
·         Anak harus didorong untuk memanfaatkan barang-barang untuk memberinya masukan oral motor dan penurunan defensif taktil. Hal ini menenangkan untuk anak dengan PDD atau autis yang memiliki rutinitas diprediksi. Memiliki kursi dietapkan dan waktu istirahat rutin dapat membantu anak untuk merasa lebih terorganisir pada waktu istirahat. Salah satu program yang kita kenal anak memiliki tawaran masing-masin pilihan dari makanan lain dalam mangkuk makanan ringan. Anak mengungkapkan apa yang dia inginkan, mengambil sebagian dari makanan yang diinginkan, dan kemudian melewati mangkuk ke anak berikutnya.
·         Letakkan simbol gambar atau foto dari waktu istirahat pada jadwal harian.
·         Karena banyak anak dengan PDD tampak begitu tertarik dalam huruf, makanan berbentuk seperti huruf, seperti sereal Alphabet, mungkin baik untuk dicoba.
·         Pastikan bahwa tempat duduk anak yang nyaman untuk mendorong tinggal di meja. Kaki si anak harus mencapai tanah atau didukung oleh beberapa jenis alas kaki. Beberapa anak mungkin mendapat manfaat dari kursi dengan tangan.
·         Beberapa anak autistik mengambil banyak kalori mereka dalam bentuk cairan. Penawaran cairan setelah anak telah makan makanan padat. Hindari anak mengambil banyak kalori dengan suplemen cair seperti Pediasure yang akan membuatnya kurang tertarik pada makanan, kecuali kata dokternya merasa diperlukan.
·         Ketika memperkenalkan menyikat gigi, mulai tanpa pasta gigi pada sikat gigi. Anak mungkin kewalahan dengan rasa pasta gigi. Orangtua mungkin memiliki saran untuk merek pasta gigi yang dapat diterima oleh anak mereka.
·         Sikat gigi elektrik dapat lebih diterima oleh anak dari sikat gigi biasa.
Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) dan Masalah Perilaku
Tipe masalah perilaku pada waktu istirahat termasuk anak-anak yang bermain disekitar kelas sebelum mereka makan makanan mereka, anak-anak makan makanan  lain, dan sulit dengan kebutuhan berkomunikasi secara lisan. Santrock (2002) mengatakan bahwa ADHD sebagai suatu kelainan berupa rentang perhatian yang pendek, perhatian mudah beralih, dan tingkat kegiatan fisik yang tinggi. Dengan kata lain anak-anak penyandang kelainan ini tidak menaruh perhatian dan memiliki kesulitan memusatkan perhatian pada apa yang dilakukannya.
Anak dengan ADHD biasanya tidak bisa menyelesaikan satu pekerjaan atau kegiatan yang sedang ia lakukan. Termasuk halnya dengan kegiatan makan, anak-anak dengan ADHD ini ingin cepat-cepat mengakhiri kegiatannya itu sehingg anak makan terlalu cepat. Berikan makanan dalam jumlah kecil misalnya saja biskuit, beberapa potong sereal, atau kerupuk akan membantu anak untuk belajar mengunyah dan menelan sebelum mengambil gigitan lain. Praktek ini dapat membantu anak untuk menghindari tersedak. Beberapa anak sangat peka dan mungkin membutuhkan lingkungan yang sangat tenang untuk dapat fokus pada makan. Makan di tempat yang tenang, tidak mengganggu bagian kelas dengan satu atau dua anak lain mungkin diperlukan bagi anak untuk menyelesaikan makanan. Bekerja sama dengan orang tua untuk meningkatkan berbgai makanan secara bertahap. Pertimbangkan pemilihan waktu berobat pada baik atau tidak anak akan tertarik makan snack. Alat pengukur waktu mungkin membantu anak tinggal di meja makan untuk jumlah waktu yang wajar.
Masalah perencanaanSimakMasalah masa motorik
Anak-anak ini memiliki koordinasi yang buruk ketika membuka kemasan atau menggunakan peralatan. Anak juga mungkin memiliki kesadaran indra yang buruk dan tidak memperhatikan apakah makanan atau minuman ada di wajahnya atau dagu. Pada awalnya membutuhkan  perintah tangan alih tangan untuk belajar secara efektif menggunakan peralatan. Secara bertahap bantuan fisik seperti anak belajar keterampilan ini.
Anak yang mungkin mempunyai kesulitan perencanaan motorik pada motorik kasar yang mengakibatkan masalah dengan mengunyah dan efisien bergerak makanan di sekitar mulut. Keterampilan ini dapat diperkuat dengan latihan khusus. Mendorong anak untuk meniru gerakan wajah di cermin seperti tersenyum, mengerutkan kening, pergerakan lidah, ciuman, atau terlihat terkejut. Anak dengan kondisi ini bisa menjadi pemakan yang berantakan. Posisikan meja cermin di depan anak ketika ia makan akan memberikan umpan balik visual untuk menyeka wajahnya Mengajarkan anak untuk menyebarkan selai kacang atau agar-agar di atas kerupuk atau kegiatan memasak sederhana memecahkan tugas menjadi langkah kecil. Menggunakan foto atau gambar garis untuk menggambarkan langkah-langkah kegiatan memasak. Pastikan anak ini diposisikan dengan kaki kuat pada lantai atau pendukung permukaan, dengan pinggul kembali di kursi, dan kepala dan kembali dalam kesejajaran.
Gangguan visual
Suzanne Evans Morris dan Marsha Dunn Klein dalam buku mereka, keterampilan pra-makan, memiliki saran yang efektif untuk memberi makan anak dengan gangguan visual. Membentuk rutinitas akrab akan membantu untuk mengajar anak-anak bagaimana makan secara mandiri. Anak-anak lebih mampu melakukan sendiri, semakin percaya diri akan kemampuan mereka untuk belajar keterampilan baru dan tumbuh.
Mengatur makanan anak dalam pola umum untuk mendorong kemandirian. Dorong anak untuk menggunakan tangannya mengeksplorasi lokasi piring, gelas, dan peralatan. Gunakan baki atau tatakan untuk mendefinisikan ruang makan. Anak harus belajar untuk menggantikan barang dalam posisi rutin mereka, sehingga ia dapat menemukan barang tersebut lagi.
Simak
Baca secara fonetik
Jika anak membutuhkan bantuan melalui tangan alih tangan dengan peralatan, petunjuk anak bahwa makanan akan datang dengan meminta secara lisan  atau dengan menyentuh bibir anak dengan sendok. Guru harus peka terhadap keinginan makanan anak dan waktu ketika anak ingin gigitan berikutnya. Mendorong anak untuk melakukan sebanyak mungkin untuk dirinya sendiri secara bertahap.SimBaca secara fonetik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar