Pages

Jumat, 01 Juni 2012

Ini anak siapa?


Ada sebuah cerita,,,

Di sebuah pesta ulang tahun,, banyak anak-anak dan orangtua yang mengantar anaknya. Suatu ketika, dengan bangga orang tua memunji anaknya didepan tamu lainnya, "Aduh cantiknya anka ini. Anak siapa sih ini, kok cantik sekali? Ayo kesini ada hadiah untuk putri yang begitu cantik".

Seringkah anda memuji anak anda dengan kalimat pujian semacam itu? Menurut anda apakah ada sesuatu yang janggal dalam kalimat tersebut?

Pada suatu sata jika kalimat pujian tersebut sering diucapkan, anak akan mempunyai pertanyaan besar dalam dirinya, "sebenarnya aku ini anak siapa ya? Apa benar anak papa dan mama? Tapi kok mereka sering menanyakan aku ini anak siapa?".

Seandainya pertanyaan itumunsul dalam diri anak itu, aoakah hal itu wajar? Orang tua sudah memancing pertanyaan itu muncul tanpa disadari. apalagi jika anak bertindak tidak sesuai dengan keinginan orangtua lalu dihukum, maka pertanyaan itu akan semakin terdorong keluar. Dalam hati, si anak akan mempunyai pertanyaan lagi, "Eh benar juga ya. Kalau aku benar-benar anak mama dan anak papa kenapa mereka menghukum aku seperti ini ya? kalau adik yang melakukannya tidak dihukum seperti ini? Kenapa kok ya aku yang selalu dihukum kebih berat daripada adikku. Jangan-jangan..... Aaahh aku ini sebenarnya anak siapa ya? Papa san amma saja malah nanya aku".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar