Pages

Sabtu, 26 Mei 2012

Anak-anak yang Bingung




Oh mama..... Oh papa...
Engkaulah idolaku, tempatku berlindung
Dipelukanmu aku merasa aman dan terlindung
Engkau rawat dirimu, engkau berikan aku contoh
Dengan semua perkataan dan tindakanmu

Walaupun terkadang ada yang aneh
Ku tak berani mempertanyakannya

Diluaran engkau begitu manis pada setiap orang
Walaupun orang itu berbuat salah
Engkau tersenyum memberikan maaf
“Oh,,,, tak apa saya bisa mengerti,” katamu
Di dalam engkau begitu sadis kepadaku
“kenapa kau gambari sprei mama, hah?”
“kenapa kau coret mobil papa, hah?”
Demikian engkau menghardikku, mengagetkanku
Remuk redam hatiku
Mendengarkan suara yang kuharap manis
Memberikan pujian atas gambarku
“Ini baru peringatan,” katamu dan
Tangan kuatmu melayang
Apa daya tubuh mungilku, menahan tamparan dan pukulan,
Dari orang yang kuharap dengan sepenuh hati
Memberi perlindungan dan kasih sayang

Oh mama... Oh papa...
Kepada siapa lagi kuberlindung
dan kubanggakan diriku
Seandainya aku mengerti semua peraturan orang dewasa,
Seandainya aku bisa membaca pikiran orang dewasa
Takkan kuterima rasa sakit di tubuh mungilku.

Oh mama... Oh papa...
Engkau boleh melarangku menggambar,
Tapi jangan buat hati kecilku berpaling darimu
Jangan buat tanganku cacat menerima pukulanmu
Apakah itu harga yang harus kubayar
Atau sebuah label “NAKAL” yang kau berikan padaku?

Jika memang begitu,,
Bukanlah lebih baik kau kurung diriku
Dalam sebuah sangkar emas
Kedap suara
Sehingga aku takkan merepotkanmu
Dengan kenakalan dan raungan tangisku

Dan kapanpun kau mau, aku siap jadi sasaran
Ambisi dan amarahmu
Yang tak mungkin kau lepaskan, di luar sana.

Oh mama... Oh papa...
Walaupun itu terjadi
aku tetap sayang padamu
karena tak ada yang bisa
menggantikanmu di hati mungilku

aku tetap akan merindukan
peluk cium darimu
belaian hangat di punggungku
usapan tanganmu di kepalaku
dan tatapan sayang dan lembut
yang akan menggelorakan hatiku

berikan aku sekali saja, sekali saja
semua itu
hanya itulah
yang kuharap darimu
mama,, Papaku...

Setyono, ariesandi. 2006. Hypnoparenting (Menjadi Orangtua Efektif dengan Hipnosis). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar