Pages

Senin, 21 November 2011

Kalo kentut yang sopan !!


http://blog.unand.ac.id/r4hmadoni/files/2011/01/kentut3.jpg
Musim ini benar-benar membuat suasana tidak enak. Ketika dingin menerjang apapun bisa terjadi. Uuppss apa yang akan terjadi bila udara dingn. Yupps, benar sekali ketika udara dingin setiap orang pasti pengen tiduurr (apalagi anak kos), kalo lagi enggak ada kerjaan cari-cari makanan sampai semua yang berjudul makanan dimakan deh, kaleng2 makanan bertumpuk di samping meja TV (haha, enggak enak dipandang). Selain itu bagi orang-orang yang bermasalah dengan perut ketika dingin menyerang (maap ni yee) ada yang sering kebelet pipis dan kebelet e**k (haha). Ada juga yang enggak sopan tiba-tiba ngeluarin suara yang bikin orang-orang merubah wajah mereka dengan berbagai ekspresi. Nah,, itulah yang disebut dengan kentuk berbunyi. Hahahahaha. 

Lalu mengapa kentut bisa menimbulkan bunyi? Bunyi adalah udara yang bergetar, demikian kentut merupakan gas/udara yang bergerak melalui celah sempit (anus dan lipatannya) sehingga dapat menggetarkan udara tersebut menghasilkan bunyi. Karena adanya vibrasi lubang anus saat kita kentut. Kerasnya bunyi tergantung sekali dengan kecepatan gas dalam berpacu, dan tentunya besarnya lubang anus anda dong. Semakin besar lubang yang Anda punyai, maka akan semakin kuatlah volume bunyi yang dihasilkan. Hahaha, hayooo, pada ngaku dehhh (upppsss).


Kentut berasal dari gas yang berada di dalam usus. Gas dalam usus berasal dari udara yang kita telan, yang menerobos masuk ke dalam usus dan darah, das dari reaksi kimia dan gas dari bakteri dalam perut.

Kentut yang berbau busuk terjadi karena adanya kandungan hidrogen, sulfida dan merkaptan. Senyawa ini semuanya mengandung sulfur alias belerang. Makin banyak kandungan sulfur di dalam makanan kita, makin banyak pula sulfida dan merkaptan yang ada di dalam perut, sehingga akan makin busuklah bau kentut kita nantinya. Telur dan Daging adalah makanan penyumbang bau kentut busuk yang terbesar. Sedangkan kacang-kacangan berperanan besar dalam meningkatkan volume bunyi kentut bukan meningkatkan bau busuknya.

2 komentar: