Pages

Senin, 09 April 2012

Makna Dari Coretan Anak



Jangan menyalahkan anak anda jika belum bisa menulis, menggambar dan belum benar dalam kontrol memegang pensil. Anak dengan semaunya mencorat-coret kertas yang kita sediakan. Itu adalah simbol ekspresi anak, bukan karena dia tidak mampu melakukan apa yang kita harapkan namun coretan yang dia  lukiskan dikertas itu mengandung makna dari karakter maupun kepribadian anak itu sendiri. Bagi orang tua dan guru yang kurang paham tentang ini ada baiknya sedikit mempelajaran dan memberikan waktu luang anak untuk mengekspresikan diri mereka ke dalam coretan.

DOMINAN BULAT/LINGKARAN
 














Makna
  • Kondisi emosionalnya stabil karena penuh cinta, kasih sayang, dan perhatian.  
  • Karakternya pun penuh kasih sayang, cinta, suka memberi perhatian, sensitive, dapat melakukan interaksi sosial dengan baik dan lainnya.  
  • Minat akan kasih sayang merupakan kebutuhan terbesar bagi dirinya. Cinta merupakan unsure penting dalam kehidupan si anak.  
  • Minat dan bakatnya berhubungan dengan profesi-profesi kesosialan seperti guru, psikolog, aktivis social dan lainnya.
  • Membenci permusuhan dan cenderung menjauhi sifat agresif, karena dia selalu mencari kedamaian, kasih sayang dan persetujuan. Jika boleh diartikan secara kasar, anak-anak seperti ini lebih suka bermain daripada berkelahi, cenderung menghindari konflik
  • Merupakan pribadi yang tertutup. Baginya orang tua adalah segalanya, saat mengambil keputusan bagaimana orang tuanya saja.
  Stimulasi :
  • Berikan kasih sayang dan perhatian yang cukup. Tingkatkan pemberian kasih sayang, perhatian, attachment, bonding, dan lainnya. Luangkan waktu bersama untuk bermain. Disaat sibuk sempatkan untuk berkomunikasi dengan anak entah lewat, sms,chatingan dan lain-lain. Terhadap lingkungan perbanyak interaksi social, meningkatkan kepedulian dengan menyumbang fakir miskin dan lainnya
  • Usahakan untuk berada ditangan guru yang bisa mendidik secara individual sesuai dengan karakternya
  • Lakukan pendekatan lebih personal, penuh dengan kelembutan, juga perhatian. Misal, saat bersamanya kita perlu menyapanya “Halo sayang…mewarnai yuk,” sambil membelai rambutnya 
  • Hindari kata maupun sikap yang dapat melukai persaannya, karena individu dalam ranah ini cenderung sensitive.
  • Ajari anak memilih dan mengambil keputusan, missal degan meminta anak memilih baju yang akan digunakan untuk pesta ulang tahun dan lain-lain  

DOMINAN SEGITGA
 

Makna
  • Anak sedang labil,marah, kecewa, sehingga butuh perhatian lebih dalam. Jika emosionalnya stabil namun polanya tetap demikian, mungkin karakternya konsisten, suka mengeksplorasi hal-hal baru, suka mendominasi pembicaraan. 
  • Kebutuhan akan kekuasaan merupakan hal tebesar dalam dirinya. Biasanya karakter seperti ini punyab kemampuan memimpin yang bagus, cocok menjadi ketua kelas, kepala regu, pemimpin kelompok dan lainnya. Bahkan bukan tidak mungkin bila diasah dengan baik,anak bisa menjadi pemimpin perusahaan, pejabat, bahkan pemimpin Negara.
Contoh 
  • Memiliki ketajaman berfikir dan pandangan yang kuat, bentuk meruncing dapat mendorong dan melepaskan energi yang lebih besar daripada bentuk yang lainnya. Jadi individu ini kerap berupaya menghasilkan pemecahan masalah secara cepat dan berorientasi pada tindakan.
  • Semangatnya luar  biasa untuk meraih prestasi, sehingga ia merupakan pemikir independent, dan sering sekali menolak untuk ditempatkan di bawah orang lain.
  • Sisi negatifnya, dia kerap tidak mau menerima b masukan dari oorang lain, suka memaksa keinginan sendiri, selain juga sulit menjadi pengikut (follower).
Stimulasi
  • Jika ia mengalami masalah emosi, coba gali lebih dalam, apa yang menjadi penyebabnya. Bahas dan diskusikan bersama, lalu tangani sesuai dengan akar penyebabnya.
  • Minta anak membantu pekerjaan rumah tangga, beri kesempatan anak menjadi ketua kelas, dan lain-lain. Ingat, anak menyukai tanggung jawab dan menjadi orang yang dibutuhkan. Setelah ini didapat, apa-apa yang diberikan padanya akan jauh lebih mudah.
  • Karena anak tidak mau didominasi, tidak mau mendengarkan orang, maka guru dan orang tua perlu memberikan keleluasaan padanya untuk eksplorasi. Selain secara bertahap, minta anak agar mau dipimpin atau diatur. Tentu caranya dengan tidak menggurui and menyinggung, tapi secara halus.

DOMINAN KOTAK
 

Makna
  • Saat itu ia mungkin sedang marah atau kesal namun tingkatannya lebih rendah dibandingkan segitiga.
  • Dari segi karakter, ia cenderung perfeksionis, konsisten melakukan sesuatu dengan perencanaan matang, memiliki daya nalar yang bagus, suka olahraga dan lainnya.
  • Negatifnya, karena terlalu direncanakan dan dipikirkan, terkdang apa yang dilakukannya sangat lambat. Keinginannya yang harus sempurna terkadang tidak seimbang dengan keinginan anak lain yang karakternya easy going.
Contoh

Merupakan individu yang termotivasi dengan keamanan, suka bekerja dengan tangannya sendiri, dan memiliki pemikiran yang cenderung berkembang pada berbagai hal. Singkatnya mereka ini orang-orang yang penuh inovasi. Selain juga terbiasa berfikir secara logis, praktis dan merupakan individu yang dapat diandalkan. Tata tertib dan disiplin adalah hal penting bagi mereka. Cenderung lebih praktis dengan menyukai hal-hal bersifat teknis.

Stimulasi
  • Anak butuh pendekatan dan penjelasan sedikit untuk mengatasi emosionalnya itu. Cari tahu akare permasalahannya dan atasi bersama-sama. Tingkatkan kemampuan otak anak dengan memberinya mainan yang butuhberfikir seperti rubric, pasel, mainan peningkat IQ, sorting blok, mengikutkan mereka dalam lomba sains dan lainnya. Kita juga bisa ajak dia untuk membereskan dan mengelompokkan benda-benda atau mainannya dalam wadah atau lemarinya.
  • Untuk fisiknya, ajak anak berolahraga atau masukkan ia diklub olahraga
  • Saat memberikan stimulasi, kita harus ekstrasabar. Berikan penjelasan sekaligus dengan urut-urutannya secara jelas dan detail, “sekarang mewarnai dulu ya. Setelah selesai, gunting hasilnya dan temple diguci ini, lalu hias gucinya.” Anak tipe ini akan berjalan sesuai alur tersebut dan dia akan melakukannya secra detail satu per satu, baru pindah ke hal lainnya.

DOMINAN CAMPURAN/LENGKUNG 

 

Makna 
  • Jika coretan anak bercampur baur, ada bulatan, segitiga, segiempat, namun didominasi garis melengkung-lengkung, berarti anak butuh kebebasan dan eksplorasi diri.
  • Dari sisi karakter biasanya ia kreatif, mencintai seni, suka mengekspresikan sesuatu lebih terbuka, mencoba hal-hal baru, ekspresionis, dan lainnya.
  • Biasanya sulit diatur, keras kepala, semaunya sendiri, dan lainnya.
  • Imajinasi merupakan motivasi utama dalam dirinya. Mereka adalah orang-orang yang tidak suka rutinitas, kurang peduli terhadap ketepatan waktu, protokoler, dan keseragaman. Mereka memiliki kebutuhan untuk mencipta (innovator). Anak mempunyai jiwa seni yang tinggi.
  • Umumnya ia adalah anak yang superunik dan jiwa seninya yang tinggi, cenderung berfikir out of the box. Gagasannya sangat kreatif dan sulit di duga, berbeda dari orang kebanyakan
Stimulasi
  • Salurkan daya kratifitasnya dengan cara membuat prakarya, ikut lomba kesenian seperti menggambar, menyanyi, maupun menari supaya lebih percaya diri dan lainnya.
  • Memasukkan anak kesekolah atau kursus seni. Semua sekolah seni boleh kita coba. Mulai melukis, membuat aneka kerajinan, bermain alat musik, menyanyi, dan menari.  Nanti dengan sendirinya anak akan menemukan minatnya dimana.
  • Supaya kepercayaan dirinya terdongkrak, sering-seringlah ajak anak ikut lomba, karena seringkali anak ini berkarya hanya untuk dinikmati sendiri atau dinikmati orang-orang terdekatnya saja.
  • Buat aturan yang jelas beserta hukuman dan ganjarannya.terapkan dengan konsisten. Dengan begitu, kedisiplinan anak dapat meningkat 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar